SIKK

Sosialisasi ADEM di Community Learning Center (CLC) di Wilayah Sabah

Oleh Sahyuddin, S.Pd., M.A. TESOL.

 

Sebagai upaya memberikan akses pendidikan kepada semua warga negara Indonesia, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, pemerintah terus berupaya melakukan berbagai terobosan melalui beberapa program. Salah satunya adalah dengan menyediakan beasiswa ADEM atau Afirmasi Pendidikan Menengah. Sasaran program ini adalah warga negara Indonesia, lulusan Sekolah Menengah Pertama, yang belajar di Community Learning Center (CLC) di Sabah dan Serawak.

Untuk itu, Tim dari Kemendikbudristek yang terdiri dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) dan Biro Kerja sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM), secara khusus telah melakukan sosialisasi beasiswa ADEM di dua CLC, yaitu di CLC Khundasang dan Keningau di wilayah Sabah dari sekitar 375 CLC di seluruh Sabah dan Serawak.

Sosialisasi tersebut dihadiri juga oleh Kepala Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), Koordinator Penghubung, Panitia Seleksi Beasiswa ADEM, Pengelola dan guru CLC, orang tua siswa dan juga sekitar 183  siswa SMP di CLC Khundasang dan 208 siswa di CLC Keningau. Tim sosialisasi program menyampaikan berbagai hal terkait beasiswa ADEM dan juga menyerap aspirasi dari berbagai pihak, khususnya dari orang tua siswa dan juga siswa itu sendiri.

Dalam pengantarnya, Kepala SIKK,  Sahyuddin, S. Pd., MA TESOL menyampaikan terima kasih kepada Tim dari Puslapdik dan BKHM atas perhatiannya kepada siswa-siswa binaannya dan juga menyampaikan harapannya kepada orang tua dan siswa untuk menyiapkan diri secara mental. Selanjutnya, beliau juga mengharapkan para peserta untuk melakukan persiapan dalam mengikuti seleksi beasiswa ADEM karena jumlah peminatnya semakin meningkat, dengan jumlah kouta masih sama dengan tahun sebelumnya.

Sementara itu, tim dari Puslapdik dan BKHM yang diketuai oleh Dr. Ruknan, S.Sos., M.M., M.Pd. menanggapi aspirasi dari orang tua siswa dan siswa sendiri terkait perlunya penambahan kouta Beasiswa ADEM ke depannya. Beliau mengatakan bahwa untuk saat ini penambahan kouta belum dapat dilakukan, tetapi ke depannya akan dipertimbangkan. Meski demikian, beliau mengatakan bahwa yang lebih penting dari program ini adalah kesiapan siswa untuk mengambil kesempatan tersebut dalam rangka untuk mengejar cita-cita masa depan.

Kegiatan sosialisasi beasiswa ADEM berlangsung dengan sukses dan meriah karena walaupun dilaksanakan di bangunan CLC yang sederhana, tetapi semua peserta sangat antusias mendengarkan materi sosialisasi. Selain itu juga, kegiatan sosialisasi tersebut dimeriahkan juga dengan berbagai keterampilan siswa CLC dalam bidang seni.

 

Kota Kinabalu, 16 November 2023

 

 

*) Sahyuddin, S.Pd., M.A. TESOL, saat ini menjabat sebagai Kepala SIKK

1 thought on “Sosialisasi ADEM di Community Learning Center (CLC) di Wilayah Sabah”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *