SIKK

APKRES 2024 : APKRES Berprestasi, Budaya Menginsiprasi” #Diversity, Peace and Harmony”

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu menyelenggarakan kegiatan Apresiasi dan Kreasi (APKRES) Bidang Akademik, Olahraga, Seni dan Keterampilan, yang diikuti 42 Community Learning Center (CLC) Jenjang SMP di Sabah Malaysia, mulai tanggal 10-12 November 2023. APKRES pada tahun 2023 ini merupakan penyelenggaraan ke-13 yang mengangkat tema “APKRES Berprestasi, Budaya Menginsiprasi” #Diversity, Peace, and Harmony”.

Kegiatan APKRES 2023 merupakan kegiatan rutin setiap tahun untuk CLC jenjang SMP di Sabah Malaysia, yang didanai penuh oleh Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sebelum babak final yang diselenggarakan di SIKK pada tanggal 10-12 November 2023, telah dilakukan babak penyisihan secara daring (pengumpulan video dan tes online) untuk mendapatkan 10 besar dari setiap cabang lomba (kecuali bulu tangkis tunggal putra yang semua CLC mengirimkan 1 wakil untuk ke SIKK), yaitu untuk cabang lomba menyanyi solo, tari kreasi berpasangan, melukis, story telling, dan tata boga (20 September – 10 Oktober 2023), lomba cerdas cermat tahap 1 (25 Oktober 2023), dan lomba cerdas cermat tahap 2 (30 Oktober 2023).

Rangkaian kegiatan APKRES dimulai pada hari Jumat, 10 November 2023 dan dibuka secara resmi oleh Plt. Direktur Sekolah Menengah Pertama Kemendikbudristek, Drs. I Nyoman Rudi Kurniawan, M.T..

Beliau berpesan, “Mari kita berikan apresiasi dan tepuk tangan yang meriah terhadap prestasi anak anak CLC, mari mendorong mereka untuk meraih capaian yang lebih tinggi, dan membina lingkungan yang menghargai semangat belajar, merangkul perbedaan, dan menciptakan budaya perbaikan terus menerus.”

Tujuan dari penyelenggaraan APKRES 2023 antara lain: menyediakan wadah layanan pendidikan karakter yang selaras dengan mutu lulusan profil pelajar pancasila serta mendukung target pencapaian tujuan pembangunan global (SDGs); memberikan apresiasi akademik, olahraga, seni, dan keterampilan bagi peserta didik di 42 CLC jenjang SMP; menyediakan wadah kegiatan bertukar pengalaman belajar, pengalaman berorganisasi, dan kegiatan kesiswaan sejenisnya bagi peserta didik CLC; mendukung program soft diplomacy perwakilan RI yaitu dengan melibatkan juri-juri dari Malaysia dan menjadi pengisi acara dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah Malaysia; memupuk dan menyemangati (nurturing-empowering) para peserta didik di 42 CLC jenjang SMP tentang pentingnya pengembangan diri melalui pendidikan.

APKRES tahun 2023 berbeda dengan APKRES sebelumnya, karena selain sebagai ajang perlombaan bidang akademik, olahraga, seni, dan keterampilan antar peserta didik CLC di Sabah, Malaysia, terdapat juga kegiatan Cultural Exchange melalui pentas budaya dari SIKK, CLC, sekolah ekspatriat, instansi, dan sekolah dari Malaysia. Selain itu, ada kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) untuk pembentukan jiwa-jiwa kepemimpinan dari peserta didik CLC.

Terdapat tujuh cabang lomba yang diperlombakan dalam APKRES 2023, di antaranya: story telling dan lomba cerdas cermat (akademik); bulu tangkis tunggal putra (olahraga); menyanyi solo, tari kreasi berpasangan, dan melukis (seni); tata boga (keterampilan).

Kegiatan Cultural Exchange dilaksanakan melalui pentas budaya dari: SIKK (Indonesia), CLC SMPT Lumadan Beaufort (Indonesia), CLC SMPT FGV Sahabat (Indonesia), Kinabalu Japanese School (Jepang), SK Malawa (Malaysia), SK Keronggu (Malaysia), SK Sri Gaya (Malaysia), SMK Telipok (Malaysia), ILP Kota Kinabalu (Malaysia).

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) selama tiga hari di Kibunut, Kota Kinabalu yang diikuti oleh 42 perwakilan setiap CLC SMPT di Sabah, Malaysia. Kegiatan dilaksanakan di alam terbuka yang berisi kegiatan-kegiatan positif untuk peningkatan jiwa kepemimpinan peserta. Diharapkan, jiwa kepemimpinan yang sudah ditanamkan bisa ditularkan ke rekan-rekan yang ada di CLC.

Juara dan penghargaan yang diberikan pada APKRES 2023 adalah sebagai berikut:

CABANG LOMBA ASAL
JUARA 1 CABANG LOMBA BULU TANGKIS TUNGGAL PUTRA CLC SMPT GENTING SUAN LAMBA
JUARA 2 CABANG LOMBA BULU TANGKIS TUNGGAL PUTRA CLC SMPT PAMOL
JUARA 3 CABANG LOMBA BULU TANGKIS TUNGGAL PUTRA CLC SMPT LUMADAN BEUFORT
JUARA 1 CABANG LOMBA CERDAS CERMAT CLC SMPT BINGKOR
JUARA 2 CABANG LOMBA CERDAS CERMAT CLC SMPT HOLY TRINITY
JUARA 3 CABANG LOMBA CERDAS CERMAT CLC SMPT PONTIAN HILCO
JUARA 1 CABANG LOMBA MELUKIS CLC SMPT NABAWAN
JUARA 2 CABANG LOMBA MELUKIS CLC SMPT BINGKOR
JUARA 3 CABANG LOMBA MELUKIS CLC SMPT LUANG MANIS
JUARA 1 CABANG LOMBA MENYANYI SOLO CLC SMPT MOSTYN
JUARA 2 CABANG LOMBA MENYANYI SOLO CLC SMPT JEROCO
JUARA 3 CABANG LOMBA MENYANYI SOLO CLC SMPT LUANG MANIS
JUARA 1 CABANG LOMBA STORY TELLING CLC SMPT NABAWAN
JUARA 2 CABANG LOMBA STORY TELLING CLC SMPT HOLY TRINITY
JUARA 3 CABANG LOMBA STORY TELLING CLC SMPT KOTA KINABALU
JUARA 1 CABANG LOMBA TARI KREASI BERPASANGAN CLC SMPT KENINGAU
JUARA 2 CABANG LOMBA TARI KREASI BERPASANGAN CLC SMPT KOTA KINABALU
JUARA 3 CABANG LOMBA TARI KREASI BERPASANGAN CLC SMPT BORNEO SAMUDERA
JUARA 1 CABANG LOMBA TATA BOGA CLC SMPT GENTING TANJUNG
JUARA 2 CABANG LOMBA TATA BOGA CLC SMPT BINGKOR
JUARA 3 CABANG LOMBA TATA BOGA CLC SMPT BATU RONG

CABANG LOMBA ASAL
JUARA UMUM 1 CLC SMPT NABAWAN
JUARA UMUM 2 CLC SMPT BINGKOR
JUARA UMUM 3 CLC SMPT KENINGAU
JUARA UMUM 3 CLC SMPT GENTING SUAN LAMBA
JUARA UMUM 3 CLC SMPT GENTING TANJUNG
JUARA UMUM 3 CLC SMPT MOSTYN

CABANG LOMBA ASAL
Penghargaan Best Performance Parade Budaya CLC SMPT GIRAM
Penghargaan Ruang Menginap Terbersih Ruang 28
Penghargaan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) CLC SMPT BATURONG
Penghargaan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) CLC SMPT FGV SAHABAT
Penghargaan Cultural Exchange Semua penampil di Culture Exchange

Dalam acara penutupan, Bapak Sahyuddin, S.Pd., MA TESOL, selaku Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu melaporkan pelaksanaan kegiatan APKRES 2023. Pesan beliau untuk peserta APKRES 2023, “In life you never lost, either you learn or you win. Dalam hidup kita tidak pernah kalah, yang ada kita akan belajar atau kita menang.”

Kegiatan ditutup oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Kota Kinabalu, yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Ibu Machdaniar Nisfah, selaku Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KJRI Kota Kinabalu. KJRI Kota Kinabalu akan selalu mendukung segala kegiatan positif yang dilaksanakan oleh SIKK dan CLC untuk peningkatan kualitas peserta didik, pendidik, maupun lembaga. Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan SK kemenangan APKRES 2023 oleh Bapak Zaenal Mutaqin, S.Pd., Gr., selaku Ketua Panitia APKRES 2023 sebagai tanda bahwa secara resmi para pemenang APKRES 2023 diumumkan.

APKRES 2023 mendapatkan juara umum baru, yaitu CLC SMPT Nabawan setelah tiga tahun terakhir didominasi oleh CLC SMPT Kota Kinabalu. Bahkah, dari tujuh cabang yang dilombakan, ada enam CLC berbeda yang mendapatkan juara 1 di tiap cabang lomba. Hal itu menunjukkan bahwa para kontingen CLC pada APKRES 2023 telah berusaha keras untuk menjadi yang terbaik dan tentunya setiap CLC mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi juara.

Mari menyongsong APKRES 2024 dengan penuh kerja keras, semangat dan motivasi tinggi. Semoga APKRES 2024 dapat lebih semarak lagi. Sampai jumpa!

1 thought on “APKRES 2024 : APKRES Berprestasi, Budaya Menginsiprasi” #Diversity, Peace and Harmony””

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *