SIKK

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Visual Art (SIVISA) ke-3

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu berkolaborasi dengan University College Sabah Foundation (UCSF) menyelenggarakan pameran karya seni lukis pada tanggal 1-30 Agustus 2023. Bertempat di Balai Seni Lukis Sabah, pameran ini merupakan pameran karya lukis dari pelajar-pelajar SIKK gelaran ke-3 dari SIVISA. Delapan tahun yang lalu, Sekolah Indonesia Kota Kinabalu menyelenggarakan pameran SIVISA pertama pada bulan September 2016 yang menjadikan Sekolah Pertama yang menyelenggarakan pameran tunggal di Balai Seni Lukis Sabah.

Dilanjutkan dengan SIVISA ke-2, yang dilaksanakan pada pertengahan Oktober hingga pertengahan November tahun 2021. Di pameran kedua ini tidak hanya diikuti peserta didik SIKK saja, namun turut melibatkan peserta didik CLC, serta Alumni SIKK-CLC yang ada di Indonesia

Pada pameran SIVISA ketiga saat ini mengusung tema Global Citizenship Education, Di Mana Bumi dipijak, Di Situ Langit Dijunjung”, pada kesempatan ini SIKK mulai berkolaborasi dengan instansi setempat dari negara Malaysia. Peserta pameran terdiri dari pelajar SIKK dan Pelajar UCSF. Kerjasama ini membawa SIVISA ke taraf internasional.

Pada Rabu, 2 Agustus 2023, diselenggarakan pembukaan kegiatan SIVISA 3. Turut hadir pada kegiatan pembukaan tersebut yaitu Bapak Rafail Walangitan selaku Konjen RI Kota Kinabalu, Puan Sara Elisya Ahmad Shah selaku Pengarah Balai Seni Lukis Sabah, Dr. Rafiq Idris selaku Vice Chancellor University College Sabah Foundation (UCSF) beserta staf, Puan Evelyn Kait selaku Kurator Pameran, serta Guru SIKK, Staf Pengajar UCSF, dan Panitia SIVISA ke-3 tahun 2023.

Beberapa tampilan seperti tarian tradisional dan tampilan menyanyi dari pelajar-pelajar SIKK juga semakin memeriahkan acara pembukaan yang dimulai dari jam 09.00-11.00 waktu Sabah. Tak ketinggalan penampilan seni (perform art) dari penggagas sekaligus Ketua Panitia SIVISA ke-3 Bapak Dadan Maulana R. memukau tamu yang hadir.

Bapak Rafail Walangitan dalam sambutannya menyampaikan bahwa KJRI Kota Kinabalu memberikan apresiasi terhadap kegiatan SIVISA dan harapannya kegiatan ini dapat terus berlanjut sebagai wadah apresiasi karya seni rupa, baik untuk peserta didik Indonesia maupun Malaysia sebagai bentuk nyata yang mempererat persahabatan kedua negara. Semoga pada kegiatan SIVISA selanjutnya dapat melibatkan pihak lainnya seperti sekolah sekolah internasional yang berada di wilayah Sabah, Malaysia.

“Pameran SIVISA merupakan bentuk rasa syukur untuk mengapresiasi karya-karya pelajar SIKK, ada total 78 karya lukis yang dipamerkan pada SIVISA ini, semoga kegiatan ini dapat terlaksana setiap tahun” ujar Bapak Dadan selaku Ketua Panitia dalam sambutannya.

Puan Evelyn Kait selaku Kurator Pameran menyampaikan harapannya pada SIVISA ke-3 ini agar karya pelajar-pelajar Sekolah Indonesia Kota Kinabalu dapat berkolaborasi dengan University College Sabah Foundation.

Harapannya, semoga kegiatan SIVISA yang ke-3 ini dapat menjadi wadah untuk mengapresiasi karya siswa khususnya dalam seni lukis. Serta dapat memberikan motivasi kepada pelajar-pelajar SIKK lainnya untuk lebih semangat lagi dalam berkarya. (FA)

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *