SIKK

Dua Peserta Didik SMA SIKK Mengikuti Summer Youth Program 2023

Summer Youth Program 2023 merupakan salah satu rangkaian kegiatan persiapan Program Beasiswa Indonesia Maju yang diselenggarakan pada 23 Juli hingga 13 Agustus 2023 oleh Puspresnas. Dua peserta didik jenjang SMA Sekolah Indonesia Kota Kinabalu yang mengikuti program ini yaitu Dhestiansia Narendra Rageswara kelas 12 IIS SMA TJJ dan Defni Manditin Kelas 12 MIA. Dua peserta didik tersebut berhasil lulus program persiapan Beasiswa  Indonesia Maju yang merupakan program beasiswa yang diberikan kepada pelajar/lulusan yang berprestasi pada bidang akademik dan non-akademik. Tujuan diselenggarakannya program ini yaitu untuk mempersiapkan peserta didik berprestasi pada jenjang pendidikan menengah untuk memperoleh kesempatan melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Dhestiansia Narendra Rageswara sendiri telah  memilih University of California Berkeley (USA) Jurusan Dance and Performance Studies (Performing Art) sebagai tujuan untuk melanjutkan pendidikannya setelah lulus jenjang SMA nanti. Dhestiansia Narendra Rageswara merupakan salah satu peserta didik berprestasi yang pernah meraih juara Silver Medal kategory Hip Hop Solo Dance di Asia Pasific Youth Performing Art Championship 2022  dan pada tahun yang sama pula berhasil meraih Penghargaan Khusus Kategori Tari Kreasi pada ajang FLS2N. Sementara itu, Defni Manditin yang pernah meraih Juara 1 ASEAN Future Sustainable Leaders 2021 ini telah memilih University of Queensland (Australia) pada Jurusan Bachelor of Agricultural Science sebagai tujuan setelah lulus nanti.

“Summer Youth Program ini tidak hanya memberi materi Academik saja tetapi di sini juga kami dilatih secara leadership dan juga Cultural Immersion yang di mana kami diberikan materi oleh orang-orang yang memiliki banyak sekali pengalaman dalam bidang prestasi, organisasi bahkan mereka juga memiliki pengalaman pendidikan di S1, S2 maupun S3 luar negeri. Saya telah mengikuti program di Universitas Bina Nusantara, Jakarta, Indonesia. Di samping itu, saya telah mengikuti program bidang Computer Science yang merangkumi materi Basic Programming & Data Science

Kesan saya selama mengikuti Summer Youth Program di Universitas Bina Nusantara selama ini ialah terdapat banyak pengalaman baru yang saya peroleh. Antaranya, saya dapat mempelajari pembelajaran baru meskipun saya tidak mempunyai dasar dalam bidang program yang saya ikuti, yaitu Computer Science. Namun begitu, saya dapat menanam rasa minat dalam program bidang saya ambil. Tambahan lagi, saya dapat belajar untuk menjadi lebih mandiri dan berdisiplin dari segi waktu, etika, dan sikap. Misalnya, saya sering membuat persiapan lebih awal sebelum memulai kegiatan dalam seharian agar tidak terlambat. Dengan demikian, saya juga dapat bertemu dengan pemateri yang luar biasa dalam pembelajaran Academic, Cultural Immersion, dan Leadership sama ada pemateri dari luar negeri maupun itu dalam negeri,” kesan Dhestiansia Narendra Rageswara yang mengikuti Summer Youth Program di Universitas Bina Nusantara.

“Kesan saya selama mengikuti SYP IPB selama ini, saya memiliki banyak pengalaman baru. Pertama, mulai dari segi belajarnya itu jauh berbeda dengan guru yang mengajar di SMA, maksudnya pelajaran yang saya dapati saat ini setara dengan perguruan tinggi. Walaupun banyak kendala dalam memahami bahasa Indonesia yang menurut saya lebih sulit, tapi teman-teman disini selalu membantu saya untuk mengartikan apa yang dimaksud dosen tersebut. Kedua, tentang budaya, di SIKK saya mengetahui budaya tentang suku Timur, Toraja dan juga Bugis, sedangkan di Summer Program ini saya ketemu dengan orang-orang yang asalnya dari Sabang sampai Merauke, saya belajar banyak sekali adat dan bahasa yang mereka gunakan setiap hari. Ketiga, bertemu dengan pemateri yang luar biasa, luar biasa yang saya maksudkan mereka memiliki banyak sekali pengalaman tentang dunia perguruan tinggi, maupun itu dalam negeri maupun luar negeri, mereka sharing tentang pengalaman mereka ke luar negeri sampai mereka sharing who to survice,” papar Defni Manditin yang mengikuti Summer Youth Program di Institut Pertanian Bogor.

Kita berharap semoga Dhestiansia Narendra Rageswara dan Defni Manditin dapat mewujudkan mimpinya untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Semoga dengan keikutsertaaan peserta didik SIKK pada Summer Youth Program 2023, menjadi inspirasi bagi peserta didik lainnya untuk terus berprestasi baik pada bidang akademik maupun non akademik. (FA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *