SIKK

SIKK dan CLC Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2023

Kota Kinabalu-Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) sebagai satuan pendidikan di luar negeri serta sekolah induk bagi CLC melaksanakan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan melaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada Selasa, 2 Mei 2023. Memakai pakaian adat Indonesia, Upacara Bendera yang diikuti oleh peserta didik dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK tersebut berlangsung khidmat dan lancar.  Selain SIKK, Community Learning Center (CLC) yang tersebar di Sabah dan Sarawak juga melaksanakan kegiatan Upacara Bendera sebagai bentuk peringatan Hardiknas. Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan pada setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan.
Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah
dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari
Pendidikan Nasional. Hal ini dimaksudkan agar semua insan pendidikan mengingat kembali
filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan fondasi pendidikan di
Indonesia.

Pada upacara bendera tersebut, Bapak Negara Mangkubumi K., S. Pd., M. Pd. selaku pembina upacara menyampaikan amanat atau pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Bapak Nadiem Anwar Makarim dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023. Hal yang disampaikan yaitu tentang perubahan yang terjadi selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat. Anak-anak  sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka yang dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil. Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar. Layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini. Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar- benarnya dalam belajar dan bercita-cita.
Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2023.

  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *