SIKK

Pelaksanaan Akreditasi Jenjang SMA SIKK 2023

Kota Kinabalu-Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) adalah salah satu lembaga pendidikan di luar negeri atau Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang berada di Sabah, Malaysia. SIKK merupakan sekolah satu atap yang terdiri dari pendidikan formal dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Selain itu SIKK juga menyelenggarakan layanan pendidikan terpadu yang menyelenggarakan pendidikan non formal yaitu PAUD dan Kesetaraan PKBM KJRI Kota Kinabalu. Seluruh jenjang layanan pendidikan di SIKK baik formal maupun nonformal telah terakreditasi.

Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Nomor 1857/BAN-SM/SK/2022, satuan pendidikan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Tingkat SMA terakreditasi A (Unggul) dengan Nilai 95 berlaku sampai dengan tanggal 04 Juni 2023. Akreditasi ini merupakan hasil perpanjangan status akreditasi yang diperoleh berdasarkan penilaian sistem terhadap perkembangan kinerja sekolah/madrasah. Sebagai tindak lanjut terhadap masa berlaku akreditasi satauan pendidikan SIKK tingkat SMA ini, SIKK mengajukan reakreditasi kepada BAN-S/M. Pengajuan reakreditasi disetujui oleh BAN-S/M berdasarkan surat Ketua BAN-S/M nomor 342/BAN-SM/TU/2023 tanggal 15 Maret 2023 perihal penjelasan perubahan jadwal visitasi. Menindaklanjuti informasi tersebut, sebagai upaya satuan pendidikan memperoleh akreditasi dari BAN-S/M pada tingkat SMA, serta sebagai upaya dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan, Sekolah Indonesia Kota Kinabalu mengikuti kegiatan Akreditasi SMA SIKK tahun 2023.

Kegiatan visitasi akreditasi SIKK tingkat SMA dilaksanakan pada 02 s.d. 05 April 2023. Kegiatan penilaian kelayakan satuan pendidikan atau akreditasi ini dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) sebagai badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan. Akreditasi bagi lembaga pendidikan merupakan bukti lembaga pendidikan dianggap layak untuk beroperasi serta melaksanakan seluruh programnya. Dalam pelaksanaannya, akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian layak tidaknya sebuah institusi yang dilakukan secara berkesinambungan. Selain untuk memperoleh sertifikasi akreditasi jenjang SMA SIKK, kegiatan akreditasi juga bertujuan untuk memperoleh nilai dan rekomendasi hasil akreditasi jenjang SMA SIKK sebagai acuan dalam meningkatkan mutu satuan pendidikan.

Pelaksanaan akreditasi berlangsung secara luring dengan metode visitasi diantaranya pengecekan dokumen sesuai butir dalam Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 jenjang SMA/MA, observasi langsung pembelajaran, kelas dan sekolah, serta wawancara Plh. Kepala Sekolah, Tim Manajemen, Komite Sekolah, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Peserta Didik.  Adapun asesor BAN-S/M pada kegiatan akreditasi ini yaitu Bapak Prof. Dr. H. Arismunandar, M.Pd. dan Bapak Dr. Marjuki, M.Pd.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *