SIKK

Peserta Didik SMK Melaksanakan Table Manner di Hotel Promenade.

Kota Kinabalu-Sebanyak 69 peserta didik SMK SIKK telah melaksanakan kegiatan table manner pada Rabu, 15 Maret 2023 di Hotel Promenade, Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Peserta didik tersebut terdiri dari 25 peserta didik Jurusan Teknik  Pesawat Udara, 21 peserta didik Jurusan Kuliner, serta 23 peserta didik Jurusan Perhotelan dan Jasa Pariwisata. Dalam kegiatan ini beberapa pengajar juga ikut mendampingi peserta didik diantaranya Ibu Novrida Elfiani Nasution, S. Pd., Gr., Ibu Wiwin Darmanti, M. Pd., Bapak Fajar Mahfudin, S. Pd. Bapak Rangga Bhakty Iskandar, S. Pd., Gr., dan Bapak Juliandi, S. ST.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu peserta didik belajar bagaimana cara makan dan minum yang baik, etika saat makan, serta etika berbicara. Adapun fungsi utama dari table manner adalah untuk mengajarkan sopan santun khususnya saat makan di meja makan dengan mengikuti intruksi sesuai standar yang telah menjadi patokan secara universal, di dalamnya juga mencakup tentang bagaimana cara menggunakan beberapa peralatan yang ada pada meja makan.

Para peserta didik disambut langsung oleh General Manager Hotel Promenade Tn. Wong Fook Loi @Hafizan. Selanjutnya dilaksanakan pemaparan materi table manner kepada peserta didik oleh FnB Manager yaitu Tn. Alex. Setelah pemaparan materi, peserta didik pun langsung melaksanakan praktik table manner. Praktik tersebut diaplikasikan pada hidangan appetizer, soup, main course, dessert, serta tea/coffee. Peserta didik juga mengamati waiter yang menyajikan makanan-minuman dengan cara American Service. Harapannya, peserta didik dapat menerapkan table manner dengan baik untuk lebih memantapkan dalam menghadapi dunia kerja.

Selain table manner, peserta didik juga melaksanakan study visit yaitu kegiatan untuk memberikan pemahaman tentang fasilitas di hotel. Peserta didik dapat secara langsung mengamati sarana dan prasarana yang ada di hotel tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *