SIKK

Uji Keterampilan: Siswa dan Siswi TPU SIKK Melaksanakan UKK

Salah satu perbedaan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) dengan sekolah  yang lain adalah adanya syarat kelulusan keterampilan yang harus dicapai oleh peserta didik di akhir pendidikan.  Bentuk ujian yang harus mereka laksanakan adalah assesment atau  uji kompetensi keahlian (UKK), yang mana pada test ini peserta didik harus menyelesaikan beberapa jenis pekerjaan praktik secara langsung.

Sebagai satu-satunya SMK di Luar Negeri,  SMK Teknologi Pesawat Udara (TPU)  Sekolah Indonesia Kota Kinabalu melaksanakan uji kompetensi keahlian (UKK) pada bidang keahlian Airframe and Powerplant.

Uji kompetensi keahlian (UKK) yang dilaksanakan pada tanggal 03 – 04 maret 2023 dilaksanakan di bengkel praktik (workshop) SMK TPU SIKK serta  diikuti oleh seluruh peserta didik TPU tingkat 3 (tiga) sebanyak 18 siswa. Ini adalah kali  kedua SMK TPU Sekolah Indonesia Kota Kinabalu melaksanakan UKK.

Adapun materi test project yang harus dikerjakan oleh para peserta didik meliputi  penggunaan alat ukur (measuremen ), mereka harus menggunakan alat ukur kunci moment (torque wrench) untuk mengencangkan baut, vernier califer, dan juga mikrometer yang digunakan untuk mengukur komponen-komponen pada piston.

Selain materi diatas, para siswa juga harus menyelesaikan proyek yang kedua yaitu memasang safety wire (kawat pengaman) pada komponen yang sudah disediakan. Seperti kita ketahui, bahwa safety wire sangat penting untuk dunia aviasi, berfungsi mengunci atau menghubungkan dua atau lebih komponen agar tidak kendur atau terjatuh akibat getaran.

Test project terakhir  pada UKK kali ini peserta didik harus menyelesaikan projek yang lain yaitu melepas dan memasang (remove and install) komponen pada engine pesawat cessna 172 yang dimiliki oleh SMK Teknologi Pesawat Udara, Sekolah Indonesia Kota Kinabalu.

Guna tercapainya penilaian yang baik dan profesional, proses assemen UKK dilaksanakan penguji internal dari guru produktif dan mengundang penguji ekternal yang berasal dari kalangan profesional dari  industri aviasi yang ada di wilayah Kota Kinabalu,  Sabah Malaysia.

Hasil uji kompetensi keahlian ( UKK ) bagi peserta didik menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Dengan harapan para peserta didik yang sudah menyelesaikan masa studi dapat langsung bekerja di industri yang berkaitan dengan keahliannya atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. <ja>

3 thoughts on “Uji Keterampilan: Siswa dan Siswi TPU SIKK Melaksanakan UKK”

  1. Semoga ketrampilan2 anak2 SIKK bisa membawanya dalam profesinya di masa depan yang gemilang. “Pilot dan Pramugari Anak BMI”

  2. Alhamdulillah….
    SIKK semakin maju dan jaya.
    Bravo dan sukses selalu tuk guru2 SIKK
    Sukses dan sejahtera tuk anak2ku SIKK

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *