SIKK

P5 Fase A Kelas 1 : Serunya Belajar Mengelola Sampah

   Pada tanggal 21 Februari 2023 telah dilaksanakan Pameran P5 Fase A oleh Kelas 1 di aula SD Sekolah Indonesia Kota Kinabalu. Mengangkat tema ‘Gaya Hidup Berkelanjutan’, kegiatan yang diselenggarakan dari pukul 09.00 sampai 11.00 waktu Sabah itu sukses menarik antusias siswa maupun orang tua siswa yang turut hadir. Adapun koordinator pada kegiatan pameran ini yaitu Ibu Lia Anggraeni, S. Pd., Gr. Dengan tim fasilitator di antaranya, Ibu Devi Nuranti, M. Pd., Ibu Rosita Tarukliling, S. Pd., serta Bapak Imam Hanafi, S. Pd. I.

Kegiatan pameran yang melibatkan siswa dan siswi kelas 1A dan 1B ini merupakan puncak kegiatan dari rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan selama kurang lebih tiga minggu. Rangkaian kegiatan P5 diawali dengan materi pengenalan sampah di minggu pertama. Siswa juga belajar mengenal lingkungan serta bagaimana cara membedakan lingkungan yang bersih dan kotor. Pada minggu ini juga siswa belajar materi tentang ecobrick. Ecobrick merupakan salah satu metode pengelolaan sampah anorganik. Tindak lanjut dari kegiatan minggu pertama yaitu siswa melaksanakan praktik mengelola sampah dengan metode ecobrick. Siswa mengumpulkan botol plastik yang diisi dengan sampah-sampah anorganik seperti plastik sampai penuh.

Kegiatan dilanjutkan di minggu kedua dengan materi tentang ecoenzim. Siswa belajar tentang bagaimana mengolah sampah organik dengan metode ecoenzim sehingga dapat dimanfaatkan kembali untuk kehidupan.

Minggu terakhir yaitu minggu ketiga diisi dengan kegiatan membuat poster. Siswa diberikan ruang untuk berkreasi membuat poster tentang lingkungan. Selain itu, siswa belajar menuliskan pengalamannya selama melaksanakan kegiatan P5. Di minggu ini juga dilakukan persiapan untuk pameran.

Hasil pengolahan sampah yang sudah dilakukan oleh siswa kemudian dipamerkan di aula SD. Beberapa hasil pengolahan sampah baik organik maupun anorganik yang dipamerkan diantaranya bingkai foto dari kardus bekas, kreasi dari tutup botol bekas, serta kursi teras yang merupakan hasil dari ecobrick.

Selain mengenalkan jenis-jenis sampah serta metode pengelolaannya kepada siswa, kegiatan P5 ini juga dapat menjadi strategi pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Siswa berlatih menjaga lingkungan secara langsung dengan melakukan praktik mengolah sampah organik dan anorganik. Siswa juga dapat berkreasi menciptakan barang-barang bermanfaat dari sampah. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat mengimplementasikan reuse, recycle, dan reduce demi lingkungan yang sehat dari sampah.

 

1 thought on “P5 Fase A Kelas 1 : Serunya Belajar Mengelola Sampah”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *