SIKK

P5 SMK SIKK: Meriahnya Pameran Kearifan Lokal Nusantara

Pada hari Selasa tanggal 28 Februari 2023, siswa kelas 10 SMK SIKK berhasil menyelenggarakan  P5 Fase E pameran hasil belajar dengan tema Kearifan Lokal Nusantara. Kegiatan tersebut melibatkan kelas 10 SMK jurusan Kuliner, jurusan Perhotelan dan Jasa Pariwisata, serta jurusan Teknik Pesawat Udara. Koordinator Proyek pada kegiatan ini yaitu Ibu Novrida Elfiani Nasution, S. Pd., Gr. adapun guru-guru yang menjadi tim proyek di antaranya Ibu Wiwin Darmanti, M. Pd., Ibu Shelya Regina W., S. Pd., Ibu Siti Fatimah, S. Pd., Gr., Ibu Lia Rahmawati, S. Pd., Gr., dan Bapak Randi Herdiansyah, S. T., Gr.

Rangkaian kegiatan diawali dengan sambutan dari Plh. Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Bapak Negara Mangkubumi K S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan yang mengambil judul Budaya Nusantara tersebut. Suasana semakin meriah saat para siswa membawakan tarian kreasi nusantara. Tarian tersebut merepresentasikan masing-masing daerah dari berbagai Provinsi di Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan upacara dari pukul 10.00 sampai 12.00 waktu Sabah, menampilkan beberapa tampilan kearifan budaya lokal dari tujuh kelompok yang dibagi berdasarkan nama provinsi di Indonesia. Tujuh kelompok tersebut yaitu kelompok Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Bali, dan DKI Jakarta. Setiap kelompok memakai baju adat serta menampilkan beberapa kebudayaan sesuai nama kelompoknya. Tampilan kebudayaan tersebut diantaranya menyanyikan lagu daerah, mempraktikan permainan tradisional daerah, mempresentasikan prosedur pembuatan makanan khas daerah, penampilan tarian daerah, serta story telling cerita rakyat. Beberapa tampilan tersebut dibawakan siswa dengan menggunakan Bahasa Inggris. Tentunya, pameran hasil belajar yang merupakan salah satu kegiatan dari P5 memiliki manfaat diantaranya, yaitu memberi ruang kepada siswa untuk mengembangkan kompetensi serta memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila. Hal tersebut terlihat dari partisipasi siswa dalam kegiatan pameran ini. Dari mulai diskusi kelompok menentukan apa yang akan ditampilkan, sampai proses pembuatan stan serta panggung, semua melibatkan siswa. Selain itu, siswa diberikan ruang untuk mengembangkan kemampuan seperti berbicara di depan umum, mempresentasikan kebudayaan, serta kemampuan mengatur suatu acara pameran.

      

Pameran hasil belajar P5 juga menampilkan beberapa stan yang merepresentasikan kebudayaan daerah. Para siswa menghias stannya masing-masing sesuai kelompoknya sehingga dapat menarik pengunjung. Setiap stan memamerkan beberapa hasil belajar siswa seperti poster, kliping, serta properti yang berhubungan dengan kebudayaan daerah.

Harapannya, selain mengenalkan kebudayaan Indonesia, kegiatan pameran hasil belajar siswa juga dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Siswa tak hanya tahu teori tentang kearifan lokal Indonesia, tapi juga ikut menampilkan, memamerkan bahkan melestarikan kearifan lokal Indonesia.

       

2 thoughts on “P5 SMK SIKK: Meriahnya Pameran Kearifan Lokal Nusantara”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *