SIKK

Pameran Penayangan Video P5 SMK : Theater of Youth

‘Luar biasa’. Itulah kata-kata yang menggambarkan penayangan teater yang merupakan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penayangan teater yang diselenggarakan pada Rabu, tanggal 15 Februari 2023 dari pukul 07.45-09.45 waktu Sabah ini sukses memukau para penonton yang terdiri dari siswa-siswi jenjang SD, SMP, SMA, serta SMK. Didampingi oleh guru atau wali kelas, para siswa tersebut secara bergantian menyimak penayangan video yang merupakan hasil karya kelompok siswa. Video yang berdurasi 5-10 menit tersebut mengambil tema rekayasa informatika. Diselenggarakan di ruang-ruang kelas di SMA, konten video mengangkat isu-isu yang terjadi di sekolah maupun tema yang dekat dengan kehidupan siswa.

Ada tujuh video yang ditampilkan dalam teater yang berjudul “Theater of Youth”, diantaranya berjudul Dua Dimensi, Ubahlah Attitude, Akagami, Pembully yang Berubah Menjadi Baik, Someone Special, Long Story, serta Spot Check. Kegiatan tersebut melibatkan kelas 10 SMK jurusan Kuliner, jurusan Perhotelan dan Jasa Pariwisata, serta jurusan Teknik Pesawat Udara. Koordinator Proyek pada kegiatan ini yaitu Bapak Fajar Mahfudin, S. Pd. Adapun angota tim guru yang menjadi fasilitator diantaranya yaitu Bapak Dadan Maulana R., S. Pd., Gr., Ibu Diah Utami K., S. Pd., serta Bapak Juliandi S. ST. Beberapa guru juga terlibat dalam proses penilaian  video diantaranya yaitu Bapak Rangga Bhakti Iskandar, S. Pd. Gr., Bapak Nayudin Hanif, S. Pd. Gr., Bapak Nova Tri Prasetiyo, M. Pd., Bapak Fajar Efendi Daulay, S. Pd., M. Pd., Ibu Novrida Elviani Nasution, S. Pd., Gr. serta Ibu Lia Rahmawati, S. Pd., Gr.

Kegiatan penayangan teater ini merupakan sarana siswa-siswi yang terlibat dalam P5 untuk memamerkan hasil karya berupa video. Dalam proses pelaksanaanya siswa secara kelompok diberikan ruang untuk berkreasi membuat video. Dari proses pemilihan tema, dialog, serta teknik pengambilan video semua melibatkan siswa. Keterbatasan dalam penggunaan alat khususnya dalam pengambilan video, tidak menyurutkan kreativitas siswa dalam menghasilkan video yang bagus. Banyak hal yang didapatkan siswa selama proses P5 ini diantaranya yaitu cara membuat video dengan teknik pengambilan gambar yang bagus, cara membuat konten video sesuai tema, serta kerjasama kelompok dari proses pengerjaan video sampai kegiatan penayangan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *