SIKK

Rangkaian Seleksi PPDB Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Tahun 2023/2024

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) merupakan institusi pendidikan formal yang disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk anak-anak Indonesia (Expatriate) dan anak-anak tenaga kerja Indonesia  (anak TKI) yang lahir dan tinggal di Sabah, Malaysia. Karena itu, SIKK menjadi sekolah induk yang membawahi  beberapa Community Learning Center (CLC) yang ada di ladang-ladang perkebunan sawit di seluruh wilayah Sabah dan Serawak, Malaysia.

Dinamika tersebut menjadikan SIKK sebagai  medium-wahana perjumpaan anak-anak Indonesia yang siap berproses menuju masa depan yang cemerlang. Tentu proses ke arah itu perlu dilakukan secara sistematis dan terukur agar mampu menemukan, mengolah, menenun, mengembangkan, dan mewujudnyatakan cita-cita anak bangsa yang memiliki komitmen dan potensi untuk menggapai masa depannya yang cemerlang. Hal ini sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yakni mencerdaskan generasi muda bangsa dimanapun mereka berada. Dalam rangka mewujudkan cita-cita tersebut maka pada tahun 2023, SIKK menyelenggarakan Seleksi Penerimaan Siswa Baru (PPDB) untuk Tahun Pelajaran 2023-2024.

     

Seleksi tersebut sudah berlangsung dari bulan Januari 2023. Rangkaian seleksi tersebut yaitu pertama, sosialisasi PPDB yang telah dilaksanakan pada 16-18 Januari 2023 untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Kedua,  pendaftaran luring (offline) untuk jenjang SD, serta daring (online) untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK. Terakhir, yaitu tes  tulis dan wawancara untuk seleksi jenjang SMP, SMA, serta SMK dilaksanakan pada 9-10 Februari 2023.

Pada pelaksanaan seleksi tes tulis dan wawancara yang diselenggarakan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu tersebut dihadiri oleh Bapak Rafail Walangitan selaku Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu, Ibu Machdaniar Nisfah selaku Pelaksana Fungsi Sosial Budaya KJRI Kota Kinabalu,  Bapak Karminto selaku Ketua Komite Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Koordinator Penghubung CLC Sabah, Guru dan Staf Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Guru Pendamping Calon Peserta Didik Baru, serta  peserta seleksi PPDB. Para peserta seleksi PPDB ini  bersaing menjadi 102 yang terbaik yang lolos di jenjang SMP dari total 127 pendaftar, 72 terbaik yang lolos di jenjang SMA dari keseluruhan 250 pendaftar, dan 75 terbaik yang lolos pada jenjang SMK dari total 158 pendaftar.

     

 

Ini merupakan seleksi pertama yang dilakukan secara tatap muka setelah 3 tahun terakhir seleksi PPDB  dilaksanakan secara daring. Dan seperti yang disampaikan dalam laporan ketua panitia yaitu Bapak Ahmad Arif, S. Pd., Gr., tahun 2023 ini Seleksi PPDB memecahkan rekor animo terbesar dalam sejarah sejak Sekolah Indonesia Kota Kinabalu berdiri tahun 2008.

     

Bapak Rafail Walangitan selaku Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu dalam acara seleksi PPDB menyampaikan dalam sambutannya bahwa KJRI Kota Kinabalu akan berkomitmen terus mendukung kegiatan/program yang menunjang pendidikan anak-anak yang ada di Sabah mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP, sampai SMA/SMK sampai ke perguruan tinggi.

   

Hasil seleksi PPDB akan diumumkan pada tanggal 20 Februari 2023. Sementara untuk pendaftaran ulang akan dilaksanakan pada 23-24 Februari 2023. Harapannya semoga layanan pendidikan bagi anak-anak usia sekolah di Sabah melalui Sekolah Indonesia Kota Kinabalu ini dapat terus berjalan dan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu yang merupakan sekolahnya anak-anak juara bisa selalu menjadi pilihan pertama anak-anak untuk melanjutkan pendidikannya.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *