Kota Kinabalu, 28 September 2024 — Dalam upaya bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak Indonesia yang tinggal di Sabah, Malaysia, Tim Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Penelitian, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melakukan kunjungan kerja ke Kota Kinabalu dari 25 hingga 28 September 2024.
Kunjungan ini terutama difokuskan pada formalisasi Nota Kesepahaman tentang Pusat Pembelajaran Masyarakat (CLC) SD untuk tahun 2024 dan penilaian anggaran yang dialokasikan untuk CLC SD untuk tahun 2023.
Tim Direktorat Sekolah Dasar Kemdikbudristek dipimpin oleh Bapak Dr. Muhammad Hasbi, S.Sos., M.Pd., yang menjabat sebagai Direktur Sekolah Dasar, dan didampingi oleh berbagai pejabat dan anggota staf, antara lain Bapak Jumeri, S.TP, M.Si (Widyaprada Expert Utama), Ibu Emilia Susanti, S.E., M.M. (Peneliti Teknik Kebijakan), Bapak Muhammad Vishnu Prabowo, Psi. (Pemeriksa Teknis Kebijakan), Ibu Azkia Yuni Syafira, A.Md.A.P. (Pemroses Data dan Informasi), Ibu Bayu Ervin Ocviana (Pemroses Data dan Informasi), dan Bapak Yono (Administrasi Kantor).
Penandatanganan Nota Kesefahaman di KJRI
Kunjungan ini juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman CLC SD untuk tahun 2024, yang berlangsung di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kota Kinabalu. Bapak Rafail Walangitan, Konsul Jenderal Republik Indonesia, menyampaikan sambutan hangat kepada tim dan menemani mereka sepanjang rangkaian acara.
Peserta tambahan pada acara penting ini termasuk Bapak Sahyuddin, S.Pd., MA., TESOL (Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu), Bapak Nasrullah Ali Fauzi (Koordinator Penghubung CLC), bersama perwakilan dari Tim Manajemen Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), yang menjabat sebagai institusi induk CLC.
Dalam sambutannya, Bapak Muhammad Hasbi menekankan sifat kritis dari kolaborasi yang kuat antara Kemdikbudristek, KJRI, dan pemangku kepentingan pendidikan di Sabah untuk menjamin peningkatan layanan pendidikan di dalam CLC. Nota Kesepahaman ini bertindak sebagai kerangka hukum yang menegaskan kembali komitmen kolektif untuk memajukan sumber daya dan infrastruktur pendidikan, serta kualitas pengajaran di CLC.
Kunjungan ke Pusat Pembelajaran Komunitas (CLC)
Sebelum terlibat dalam kegiatan di KJRI Kota Kinabalu, tim memulai kunjungan mereka di CLC Smart. Di sana, mereka melakukan tinjauan menyeluruh terhadap kondisi yang berkaitan dengan lokasi, fasilitas, dan infrastruktur CLC, sementara juga berinteraksi dengan pendidik, administrator, dan siswa. Antusiasme di antara para siswa teraba saat mereka menyambut tim dengan hangat. Kunjungan ini memberi tim Direktorat SD kesempatan untuk mengamati secara langsung dinamika pembelajaran yang terjadi di CLC dan untuk menawarkan panduan untuk peningkatan di masa depan.
Setelah kegiatan di KJRI, tim melanjutkan kunjungan ke CLC Hanim. Dengan cara yang mirip dengan kunjungan mereka di CLC Smart, tim menilai kondisi fasilitas dan bertukar salam dengan guru dan siswa yang tampak bersemangat dengan proses. Dialog ramah dan interaktif terjadi antara tim dan pengasuh, menggarisbawahi dukungan tak tergoyahkan dari semua pihak yang terlibat dalam peningkatan berkelanjutan kualitas pendidikan di CLC.
Dialog di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK)
Tujuan akhir kunjungan resmi ini adalah Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK). Di sini, tim Direktorat Pendidikan Dasar melakukan dialog terbuka dengan Kepala Sekolah, Koordinator Penghubung, perwakilan dari staf pengajar SIKK, perwakilan dari staf pengajar CLC, dan manajer CLC. Tujuan dari dialog ini adalah untuk secara penuh perhatian mempertimbangkan aspirasi langsung para pendidik dan administrator pendidikan di Sabah, sambil secara kolaboratif mencari solusi yang layak untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan yang diberikan oleh CLC dan SIKK.
Bapak Muhammad Hasbi menyampaikan apresiasi yang mendalam atas tekun upaya semua pihak yang terlibat dalam melaksanakan tugas terhormat mencerahkan pemuda Indonesia yang tinggal di negara ini. “Sangat penting bahwa kita semua menyelaraskan diri di bawah visi yang terpadu, yaitu untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak Indonesia, terlepas dari lokasi mereka. Peningkatan sumber daya dan evaluasi anggaran secara menyeluruh merupakan langkah nyata untuk mewujudkan tujuan ini,” tegasnya.
Kunjungan resmi yang dilakukan oleh Tim Direktorat Pendidikan Dasar Kemdikbudristek diharapkan dapat memberikan dampak yang menguntungkan bagi peningkatan kualitas pendidikan di Sabah, khususnya bagi siswa yang menerima pendidikan di CLC. Kolaborasi yang kuat antara entitas pemerintah, administrator pendidikan, dan profesional pengajaran sangat penting untuk memastikan masa depan pendidikan yang lebih menjanjikan.