SIKK

Smart Parenting: Upaya SIKK Membangun Komunikasi Positif Dengan Orang Tua Siswa

Sahyuddin, MA TESOL

Kota Kinabalu, 31 Januari-2 Februari 2024. Salah satu faktor yang akan menentukan  kelancaran dan kesuksesan seorang siswa adalah adanya komunikasi antara pihak Sekolah dan orang tua siswa, untuk itu Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) melaksanakan Smart Parenting bagi semua jenjang yang di bagi menjadi tiga sesi serta berlangsung dari tanggal 31 Januari sampai dengan 2 Februari 2024.

Pada sesi pertama yaitu smart parenting yang di khususkan untuk siswa SMA/SMK  dan SMA TJJ dengan narasumber  yaitu Bapak Eko Sugianto, S. Pd yang juga merupakan guru BP/BK dan moderatornya Bapak Masayuki Nugroho. S. Pd., Gr dan adapun materi yang di sampaikan adalah terkait dengan rencana studi lanjut  ke perguruan tinggi bagi siswa-siswa SIKK, lebih lanjut bahwa sangat penting bagi orang tua untuk mendiskusikan dengan anaknya sebelum memutuskan rencana studi anaknya, misalnya  terkait pilihan perguruan tinggi, biaya kuliah dan sebagainya. Ada beberapa jalur yang tersedia bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi di Indonesia seperti SNBP yaitu seleksi masuk perguruan tinggi melalui nilai raport, selanjutnya ada SNBT yaitu seleksi nasional berdasarkan test dan juga ada jalur mandiri, namun sebagai informasi untuk orang tua siswa bahwa Pemerintah Indonesia melalui Puslabdik Kemendikbudristek juga menyiapkan beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (Adik) di mana pada tahun 2024 di sediakan sekitar 100 beasiswa bagi lulusan SMA/SMK dan SMK TJJ di SIKK.

Selanjutnya, pada sesi kedua smart parenting melibatkan orang tua dan siswa pada jenjang Sekolah Dasar di mana di sampaikan materi oleh Ibu Arie Laili Nopprima, M. Pd yang juga merupakan guru pendidikan khusus, dan moderatornya Bapak Wilddan Rezzy Septiand, S. Pd., Gr.   Dalam pemaparannya Ibu Laili menyampaikan akan pentingnya peran orang tua dalam tumbuh kembangnya anak, karena seorang anak lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di rumah di bandingkan di Sekolah, salah satu peran anak adalah bagaimana membangun komunikasi yang sehat dengan anak di mana orang tua menggunakan pendekatan yang humanis Ketika seorang anak mempunyai masalah sesuai dengan karakter anak, di samping itu peran orang tua yang tidak kalah penting adalah mengetahui dan mendukung minat bakat anak sesuai dengan bakat dan minatnya.

 

Terakhir, pada sesi ketiga dari smart parenting yaitu bagi orang tua dan siswa Sekolah menengah pertama, materi di sampaikan oleh Bapak Andi Yakub Taufik, S. Pd., Gr dengan moderator Siryana Nurjanah, S. Pd.  Dalam penyampaiannya,  Pak Yakub menekankan pentingnya pengawasan orang tua terhadap pemakaian gadget sehingga tidak di salahgunakan untuk hal-hal yang justru dapat menjerumuskan seorang anak, lebih jauh di sampaikan bahwa pola asuh yang benar dari orang tua sangat penting sehingga anak yang menginjak usia remaja tidak kehilangan arah dalam mencari jati dirinya, dengan cara bahwa harus mampu menjadi pendengar yang baik bagi anaknya sehingga seorang anak tidak akan mencari pelarian di luar rumah yang justru akan dapat menjerumuskan seorang anak ke pergaulan yang tidak di inginkan.

 

Dalam pengantarnya, Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Sahyuddin, S. Pd., MA TESOL menyampaikan apresiasi terhadap program smart parenting tersebut dan menyampaikan terima kasih kepada naras umber dan Bapak/Ibu guru, wali kelas, orang tua siswa dan juga siswa, kegiatan seperti ini sangat penting dalam membangun komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua dalam membantu tumbuh kembang anaknya., di samping itu orang tua mendapatkan informasi terkait berbagai program yang dapat di ikuti oleh anaknya sesuai dengan minat dan bakatnya sehingga anak akan berhasil mendapatkan cita-cita yang di inginkan ke depannya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *