SIKK

Bangkitkan Semangat Relawan Siswa SIKK-UiTM Melalui Program Jaringan Serumpun OPKIM SULAM 2023

Kota Kinabalu, 21 Oktober 2023 – Universiti Teknologi MARA (UiTM) Cabang Sabah telah menyelenggarakan program kerelawanan dan kegiatan berbagi pengetahuan dengan komunitas di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK).

Operasi Pengabdian Masyarakat – Outreach Kitchen HEP ​​​​UiTM Cabang Sabah (OPKIM) dan Service Learning Malaysia – Program University for Society (SULAM) diresmikan oleh Ibu Machdaniar Nisfah, Konsul (Minister Counselor) Pj. Fungsi Penerangan Sosial Budaya, yang mewakili KJRI untuk Kota Kinabalu.

Kegiatan ini melibatkan lebih dari 100 relawan, baik dari pihak UiTM Cabang Sabah maupun Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK). Di antaranya adalah relawan mahasiswa UiTM sebanyak 30 orang, relawan OSIS SIKK sebanyak 39 orang, relawan Bansar SIKK sebanyak 5 orang, relawan dosen dan staf UiTM sebanyak 15 orang, dan relawan guru dan staf SIKK sebanyak 14 orang.

Semua relawan yang berada dalam naungan kegiatan, terlibat dalam penyiapan dan pendistribusian 400 paket makanan ke rumah amal dan panti asuhan di sekitar Kota Kinabalu. Dari mulai memasak menu di dapur SMK Tata Boga SIKK, pengemasan paket makanan, sampai dengan pendistibusiannya.

Program ini juga melibatkan sebanyak 141 peserta dalam sharing session mengenai pola makan gizi seimbang. Materi disampaikan oleh mahasiswa UiTM Cabang Sabah kepada hadirin yang sebagian besar merupakan pelajar SIKK. Selain itu, terdapat pula pembekalan mengenai HEP Kitchen UiTM Cabang Sabah.

Sebagai penanda kerja sama, pihak UiTM memberikan sejumlah bantuan peralatan dapur untuk pengembangan ketatabogaan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK).

Rektor UiTM Cabang Sabah, YBrs. Profesor Madya Dr. Rozita Uji Mohammed yang turut hadir pada pembukaan program tersebut menyampaikan dalam sambutannya bahwa program ini sejalan dengan tujuan UiTM yaitu menciptakan lingkungan kolaborasi antara mahasiswa, dosen, dan masyarakat melalui program SULAM.

“Program ini juga dapat memperkuat nilai kesukarelaan dan mengintensifkan pengembangan bakat siswa di lembaga pendidikan kedua negara (Malaysia dan Indonesia – red),” ujarnya.

Universiti Teknologi MARA (UiTM) sendiri adalah universitas komprehensif terbesar di Malaysia yang menyediakan pendidikan inovatif dengan infrastruktur dan teknologi terkini yang mencakup 34 kampus, 4 fakultas studi, 14 fakultas, dan 9 pusat akademik di seluruh negeri Malaysia.***

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *