SIKK

Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Pamong CLC Jenjang SMP Tahun 2023

Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia – Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan jenjang SMP, Direktorat Sekolah Menengah Pertama bersama Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Pamong Community Learning Center pada jenjang SMP sebagai pendukung perluasan akses pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di Sabah dan Sarawak, Malaysia.

Pelaksanaan workshop pada tahun 2023 berbeda dengan tahun 2022, sebagai bentuk tindak lanjut dari permintaan dari guru pamong untuk dilaksanakan secara offline. Dikarenakan keterbatasan anggaran, peserta workshop diseleksi secara daring untuk mendapatkan 60 besar peserta dengan tetap mempertimbangkan keterwakilan dari masing-masing CLC.

Seleksi dilaksanakan secara daring pada tanggal 22 September menggunakan google form. Antusiasme peserta sangat besar, terlihat dari jumlah partisipan mencapai lebih dari 200 peserta. Peserta mengerjakan soal terkait pedagogik dan pengetahuan-pengetahuan terkait pembelajaran. Setelah dilaksanakan seleksi secara daring kemudian dipilih 60 peserta terbaik dari masing-masing CLC.

60 peserta terbaik, mengikuti pelatihan secara hybrid di Hotel Sabah Oriental Kota Kinabalu dari tanggal 29 September – 1 Oktober 2023, didampingi narasumber dari Indonesia. Narasumber yang membersamai peserta di Kota Kinabalu yaitu Ibu Dr. Nunik Sugesti, M. Hum, bapak Bayu Widodo, S.T. dan Bapak Aziz Effendhi, S.Pd., M.Si. Dan dikarenakan terdapat kendala, beberapa narasumber melakukan pendampingan secara hybrid yaitu Ibu Dra. Nikensari, M. Ed., Bapak Joko Priyana, M.A., Ph. D. , bapak Drs. Aris Widodo, M.Pd., dan ibu Dra. Yosephan Niken Sasanti, M. Pd.

Kegiatan pembukaan workshop peningkatan kompetensi guru pamong dihadiri oleh Konjen RI Kota Kinabalu, Bapak Rafail Walangitan. Selain itu, pembukaan juga dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri oleh Atdikbudristek KBRI Kuala Lumpur bapak Dr. Muhammad Firdaus, SP., M.Si dan Direktur SMP Kemendikbud, bapak Drs. I Nyoman Rudi Kurniawan, M.T.

Merujuk pada berbagai masukan program, khususnya rekomendasi hasil kegiatan monitoring dan evaluasi SIKK bahwa prioritas utama dan yang paling diperlukan saat ini adalah peningkatan kompetensi guru pamong pada penyelenggaraan Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) dan implementasi kurikulum merdeka di CLC. Lebih terperinci, materi yang diberikan oleh narasumber meliputi Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR), Pembelajaran, Penilaian, dan PPP pada Kurikulum Merdeka, Pengembangan Kecakapakan Literasi pada PKR, Implementasi Pendidikan Inklusi pada PKR, Analisis Kebutuhan Pembelajaran, Penyusunan model-model PKR, Penyusunan Jadwal PKR, serta Penyusunan Perangkat Ajar di CLC.

Pelaksanaan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Pamong CLC jenjang SMP berlangsung dengan lancar dan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan. Walaupun kegiatan sudah ditutup secara resmi yang dihadiri oleh Ibu Machdaniar Nisfah, namun kelanjutan kegiatan masih harus dilaksanakan sebagai bentuk tindak lanjut. Bentuk kegiatan RTL berupa diseminasi kegiatan peserta kepada rekan guru lain baik di CLC maupun sampai tingkat gugus. (S&K)

1 thought on “Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Pamong CLC Jenjang SMP Tahun 2023”

  1. Herna Binti Amir, S.Pd

    Workshop peningkatan kompentensi guru pamong SMP 2023 sangat luar biasa yang pernah saya rasakan. Ucapan banyak- banyak terima kasih saya ucapkan kepada panitia- panitia workshop, Nara sumber, serta teman-teman workshop. Saran saya kedepannya adalah, supaya bisa di ikutkan lebih ramai lagi guru pamong dan hari dan masanya di tingkatkan.
    “Pisau di dapur harus di asah,
    Agar tajam dan jadi kuat,
    Belajarlah tak kenal lelah,
    Supaya dapat ilmu yang bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *