SIKK

Outing Class: Serunya Belajar Lingkungan Alam di Pantai Karambunai

Pantai Karambunai merupakan salah satu pantai dengan pemandangan indah yang terletak di Sabah, Malaysia. Pantai tersebut menjadi lokasi Outing Class siswa kelas 3A dan 3B SD Sekolah Indonesia Kota Kinabalu untuk belajar mengenal sekaligus memelihara lingkungan alam. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (2/2/2023) mengundang antusias dari siswa untuk ikut berpartisipasi. Selain didampingi oleh guru kelas 3 yaitu Ibu Nurkaenah, M. Pd. (guru kelas 3A) dan Bapak Bambang Purnomo, S. Pd. Gr. (guru kelas 3B), Outing Class juga melibatkan siswa OSIS  yaitu Rion dan M. Irfan. Beberapa orang tua siswa juga turut hadir dalam kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan.

Siswa, guru, dan orang tua siswa menempuh perjalanan ke pantai yang berjarak sekitar 6 km dari sekolah menggunakan kendaraan bus. Sebelum perjalanan dimulai, siswa terlebih dahulu diberikan arahan mengenai kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan selama Outing Class.

Kegiatan Outing Class dalam rangka memelihara kelestarian lingkungan dimulai dari memungut sampah-sampah yang ada di sekitar Pantai Karambunai menggunakan plastik sampah. Siswa secara bersama-sama turut membersihkan sampah sehingga lingkungan pantai menjadi bersih. Harapannya, siswa menjadi lebih peduli untuk memelihara lingkungan dari sampah di sekitarnya. Kegiatan selanjutnya yaitu siswa membuat istana pasir. Selain untuk melatih kemampuan motorik, membuat istana pasir juga  dapat mengembangkan daya imajinatif siswa. Kegiatan terakhir yaitu bermain kelereng.  Dengan bermain kelereng, siswa dapat memperoleh beberapa manfaat diantaranya, melatih tingkat fokus dan konsentrasi, merangsang koordinasi tangan dan kaki, serta menanamkan daya juang yang tinggi dan sportifitas pada siswa.

Dimulai dari pukul 08.00-11.00 waktu Sabah, rangkaian kegiatan Outing Class berjalan dengan seru dan menyenangkan. Tak terbatas di ruang kelas, siswa mendapatkan pengalaman secara langsung mengenal lingkungan alam sekaligus melakukan aksi nyata untuk memeliharanya. Melalui pengalaman yang dirasakan siswa dalam belajar, hal tersebut memudahkan siswa memahami materi pembelajaran. Kegiatan Outing Class ini diharapkan menjadi salah satu strategi yang efektif dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran.

1 thought on “Outing Class: Serunya Belajar Lingkungan Alam di Pantai Karambunai”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *