Kota Kinabalu, Malaysia — Proyek P5 kelas 6 Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) dengan judul “Dukung Program Kemendikdasmen, SIKK Jenjang SD Selenggarakan Lomba Senam Anak Indonesia Hebat” merupakan upaya yang dilakukan untuk mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikdasmen). Proyek ini berfokus pada penerapan 7 kebiasaan anak Indonesia hebat yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang unggul.
Proyek P5 ini bertujuan untuk mempromosikan 7 kebiasaan anak Indonesia hebat, yaitu bangun pagi, beribadah, berolahraga, makan sehat dan bergizi, gemar belajar, bermasyarakat, dan tidur cepat. Dengan adanya kegiatan ini, siswa diharapkan dapat menginternalisasi kebiasaan baik tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Acara puncak lomba senam ini dibuka oleh Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Bapak Sahyuddin. Dalam sambutannya, Bapak Sahyuddin mengingatkan bahwa kegiatan ini tidak hanya dijadikan sebagai lomba semata, tetapi harus dijadikan sebagai kebiasaan yang rutin di SIKK. Pesan beliau, “di dalam tubuh yang sehat terdapat otak yang cerdas,” menegaskan pentingnya menjaga kesehatan fisik melalui olahraga.
Kegiatan P5 ini merupakan hasil kolaborasi antara Ibu Devi Nuranti dan Bapak Exsaris Januar, yang masing-masing adalah guru kelas 6A dan 6B. Kerjasama ini menunjukkan dukungan penuh dari para guru dalam menyukseskan kegiatan Kurikulum Merdeka dengan tema “Bangunlah Jiwa Ragaku”.
Kegiatan ini berlangsung selama tiga minggu, dimulai dari tahap Pengenalan, Kontekstualisasi, Aksi, Refleksi, hingga Tindak Lanjut. Setiap tahap dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada siswa tentang pentingnya senam dan kebiasaan hidup sehat.
Pada tahap pengenalan, siswa diperkenalkan dengan manfaat senam dan cara melakukannya dengan benar. Mereka diberi pengetahuan dasar tentang pentingnya menjaga kesehatan fisik melalui olahraga, yang diharapkan dapat memotivasi mereka untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.
Selanjutnya, pada tahap kontekstualisasi, siswa diajak untuk memahami hubungan antara kegiatan senam dengan kehidupan sehari-hari. Mereka belajar bagaimana senam dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kinerja akademik mereka di sekolah, sehingga mereka dapat melihat manfaat langsung dari kegiatan ini.
Pada tahap aksi, siswa berpartisipasi aktif dalam lomba senam. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan kesempatan untuk menampilkan kreasi senam mereka di depan teman-teman dan guru. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat rasa percaya diri siswa, tetapi juga meningkatkan keterampilan kerjasama dan kebersamaan.
Setelah lomba selesai, siswa diajak untuk merefleksikan pengalaman mereka. Mereka berbagi cerita tentang apa yang mereka pelajari dari kegiatan ini dan bagaimana senam dapat membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. Tahap refleksi ini penting untuk memastikan bahwa siswa dapat mengambil pelajaran berharga dari kegiatan yang telah mereka ikuti.
Tahap terakhir adalah tindak lanjut. Siswa dan guru bersama-sama merencanakan langkah-langkah selanjutnya untuk terus mempraktikkan kebiasaan sehat yang telah mereka pelajari. Dengan adanya kegiatan Lomba Senam Anak Indonesia Hebat ini, diharapkan Sekolah Indonesia Luar Negeri Kota Kinabalu tidak ketinggalan dengan informasi dan program terbaru di Indonesia, serta mampu mencetak generasi yang sehat dan berprestasi.(*)